Rabu, 14 Januari 2015

MANAJEMEN SDM #1

waktu pertama kali hijrah ke magelang, dan tentunya bisnis onlinenya ikutan hijrah, saya memiliki asisten yang oke punya. pokoknya bisa diandalkan. seiring bertambahnya konsumen kami, maka ada asisten satu lagi yang juga tidak kalah oke. mengawali karir hanya bermodal ijazah SD, tetapi segera berlari dan menjadi ahli dalam dunia internet. bahkan beberapa hal dia lebih tahu dari saya.
tibalah waktu asisten pertama saya menikah lalu memiliki anak. karena kesibukannya, dia berhenti. tinggalah asisten kedua seorang diri. kemudian saya menambah asisten satu lagi sebagai kurir untuk membantu mobilitas kami, mengingat jarak rumah dengan ekspedisi cukup jauh. dan saya pun menambah asisten seorang lagi untuk membantu pembukuan.
tibalah waktu asisten saya yang lulusan SD tadi untuk menikah. dia pamit akhir desember lalu. kini saya menambah satu orang asisten lagi.
begitulah dunia ini, datang dan pergi silih berganti. manajemen staf adalah salah satu ujian dalam dunia bisnis. tinggal bagaimana kita mengelolanya. itulah pentingnya sistem. sistem bisa diwariskan. tanpa sistem, bisnis kita tak akan pernah berjalan lama. tanpa sistem, kita juga akan kesulitan mengelola bisnis kita.
uniknya, saat pergantian pemain selalu datang di saat kritis: saat sedang membutuhkan lebih banyak tenaga. itu ujian yang kedua, untuk mengukur daya tahan kita dalam menanggung beban. sebagai manusia, sangat manusiawi jika ada sedih, bingung, risau, tapi harus segera move on. segera mencari jalan keluar, agar pekerjaan kembali normal.
semoga tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu. terima kasih kepada semua kru toko omah bayi yang telah bekerja luar biasa. I love you so much kiki emoticon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar